Ulasan mengenai film, serial animasi, serta serial televisi yang sudah saya tonton.
Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan :D

Tuesday 23 December 2014

Rigor Mortis


















Rigor Mortis
Rigor Mortis merupakan film yang tayang pada tahun 2013 ber-genre Horor Jiangshi. Horor Jiangshi adalah genre Horor Vampir Cina.
Rigor Mortis membangkitkan kembali film bergenre Horor Jiangshi setelah vakum cukup lama.













Rigor Mortis mengisahkan tentang perjalanan seorang mantan aktor horor jiangshi hebat bernama Chin Siu-Ho, seperti mengisahkan kejadian nyata, Siu-Ho yang telah bangkrut pindah ke sebuah apartemen kumuh dengan maksud mengakhiri hidupnya ditempat itu. Ia ditinggalkan oleh anak dan istrinya.











Siu-Ho bermaksud mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung dirinya sendiri. Tapi saat hendak melakukan aksinya tersebut, tiba-tiba ia mendapat penglihatan aneh. Seperti kejadian dimasa lalu yang terputar kembali.



















Yau datang membatu menyadarkan Siu-Ho yang ternyata kerasukan arwah yang mendiami kamar yang ditempati Siu-Ho. Gau ikut membantu menyadarkan Siu-Ho dari incaran hantu gentayangan tersebut. Yau dan Gau akhirnya menyegel hantu tersebut agar tidak mengganggu dikemudian hari.











You merupakan keturunan pemburu vampir, namun secara tiba-tiba vampir lenyap begitu saja, You meneruskan hidupnya dengan membuka rumah makan di apartemen tempatnya tinggal.












Sejak kejadian tersebut, kehidupan Siu-Ho berubah. Ia mulai memikirkan kembali masa lalunya untuk kemudian menata masa depannya.
Ia bertemu seorang wanita yang sedikit mengalami gangguan jiwa bernama Yeung Feng, Yeung Feng memiliki anak berambut putih yang sangat aktif, mereka ditampung oleh saorang kakek bernama Yin yang bertugas sebagai petugas keamanan di apartemen tersebut.













Suatu ketika, paman Tung yang merupakan salah satu penghuni lama apartemen tersebut hendak membuang sampah tiba-tiba terjatuh dari tangga yang mengakibatkan cedera pada kepalanya.
Istri Tung, Mui kemudian membawanya pulang tanpa ada seorang pun yang tahu.














Mui merupakan istri Tung, ia sangat disukai oleh para tetangga di apartemen tersebut karena Mui sangat baik. Ia dengan senang hati menjaitkan baju tetangganya tanpa memungut biaya. Mui sangat mencintai Tung begitu pun sebaliknya.











Mui sangat terpukul atas kematian suaminya, ia tidak ingin kehilangan Tung. Akhirnya Mui menemui Gau untuk berkonsultasi. Gau menyarankan agar Mui mengawetkan jenazah Tung.
Lalu Gau menemui mereka dikediamannya untuk kemudian menyempurnkan ritual agar Tung dapat kembali hidup.
Mui tak menyangka akhirnya Tung malah menjadi seorang vampir yang haus darah.












Sejak Siu-Ho melihat kejadian yang terjadi di kamarnya, terkuak bahwa kamar tersebut merupakan tempat kakak beradik kembar mengakhiri hidupnya karena suatu insiden yang melibatkan suami Feng.











kembar tersebut akhirnya menjadi arwah penasaran yang sangat dipenuhi oleh dendam.












Tanpa sepengetahuan You, Gau memasukan arwah si kembar ke dalam jasad Tung, sehingga Tung berubah menjadi vampir ganas.
You akhirnya mengetahui kejanggalan yang terjadi pada Mui, dan secara tiba-tiba alat pendeteksi vampir peninggalan leluhur You bergerak.













Apa selanjutnya yang akan You lakukan, akankah ia mengacuhkan pertanda tersebut? Atau ia memutuskan untuk meneruskan pekerjaan leluhurnya?

Secara keseluruhan Rigor Mortis meninggalkan ciri khas film bergenre Horor Jiangshi, dimana film ber-genre tersebut sangat kental akan suasana mistis namun tetap menyisipkan adegan-adegang komedi yang dapat mengocok perut para penontonnya.
Rigor Mortis di sajikan dengan tampilan yang cukup kelam, seperti menggambarkan tenggelamnya masa kejayaan film vampir tahun 70’an. Bagi pecinta film vampir Rigor Mortis cukup mengobati rasa rindu para penggemarnya.

No comments:

Post a Comment