Ulasan mengenai film, serial animasi, serta serial televisi yang sudah saya tonton.
Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan :D

Wednesday 1 May 2019

The Walking Dead Season 9

The Walking Dead Season 9



The walking Dead Season 9 mulai tayang pada bulan Oktober 2018. Serial televisi ini ber-genre drama, post-apocaliptyc, horor. Serial televisi The Walking Dead bercerita mengenai perjuangan umat manusia yang mencoba bertahan hidup di tengah serbuan virus misterius yang menyebabkan manusia berubah menjadi zombie pada kondisi tertentu.

Diceritakan pada season sebelumnya, akhirnya Rick Grimes dapat menaklukan Negan dan The Saviors. Rick mengampuni Negan dan kelompoknya. Keputusan Rick ternyata mengecewakan beberapa anggota kelompoknya.


Rick berencana ingin membangun sebuah masa depan untuk orang banyak, ia lalu menempatkan anggota kelompoknya untuk memimpin Hilltop, Sanctuary, Oceanside, The Kingdom dan ia sendiri memimpin Alexandria. Rick ingin menyatukan semua orang.

Tetapi keputusannya untuk membangun peradaban baru tidaklah mulus, beberapa anggota kelompoknya lebih menyukai kelompok kecilnya terdahulu. Sedangkan kelompok lain pun memiliki keinginan mereka sendiri. Tetapi keputusan Rick sudah benar-benar bulat.


Rick kemudian berencana untuk membangun sebuah jembatan. Rick kemudian mempekerjakan kelompok Saviors. Awalnya berjalan cukup baik sampai beberapa anggota kelompok The Saviors membuat keributan dan kesalahan. Rick mengusir salah satu anggota the Saviors (Justin), tetapi saat diperjalan seseorang membunuhnya.


Hal tersebut memicu keributan dan secara otomatis menghambat pembangunan jembatan. Rick kemudian memutuskan untuk mencari tau siapa pelaku pembunuhan tersebut.


Anggota kelompok Saviors yang lain menuduh Daryl dan Jadis sebagai pelaku pembunuhan Justin. Rick memutuskan mengutus Gabriel untuk mengawasi Jadis. Dan ia pun membuntutinya. Jadis kembali ke 'rumahnya' terdahulu dan melakukan sebuah panggilan misterius. Awalnya Jadis ingin Gabriel mengikutinya, tetapi Gabriel memilih untuk tetap setia kepada Rick.


Saat sedang berpatroli, Rick dan Carol menemukan beberapa anggota The Saviors yang ingin melarikan diri. Namun Rick membawanya kembali ke perkemahan. Sedangkan Maggie dan Daryl menemukan siapa pelaku pembunuhan Justin, para pelaku merasa tidak melakukan kesalahan, karena mereka hanya ingin membalaskan dendam mereka terhadap kelompok Negan terdahulu. Mereka meniru tindakan Maggie terhadap Gregory.


Sementara Rick memimpin pembangunan jembatan, Michonne ditugaskan untuk memimpin Alexandria. Membuat perjanjian, mengurus kebun dan menjaga Judith, itulah pekerjaannya sehari-harinya. Walaupun cukup membosankan, ia tetap menjalaninya dengan lapang dada.


Carol menarik seluruh anggotanya kembali setelah kekacauan yang dibuat oleh orang-orang Saviors dan Oceanside.

Setelah Rick menyetujui keputusan Carol, Jerry kemudian menemuinya dan menyampaikan pesan kepada Rick bahwa Maggie dalam perjalanan menuju Alexandria. Mendangar kabar tersebut Rick bergegas kembali menuju Alexandria untuk menemui Maggie. Daryl yang sedang bersantai kemudian menawarkan diri untuk mengantar Rick.


Tapi ternyata Daryl berada d pihak Maggie. Keduanya pun kembali bertengkar. Mereka kemudian berdamai setelah mendengar keributan yang diperkirakan berasal dari kamp. Tetapi Rick memutuskan untuk mengalihkan kawanan walkers. Tetapi keberuntungan tidak berpihak padanya.


Berkali-kali Rick mengalami halusinasi yang diakibatkan oleh lukanya dan berkali-kali pula Negan mencoba memprofokasi Michonne. Maggie yang tiba di Alexandria akhirnya memilih untuk melepaskan Negan, sedangkan Negan sangat kecewa dengan keputusan Maggie.

Entah sadar atau tidak, Rick menggiring kawanan walkers tersebut pada jembatan. Dan demi keselamatan seluruh anggotanya, Rick akhirnya mengorbankan dirinya dan jembatan tersebut untuk memusnahkan kawanan walkers tersebut.

(Dalam thriller sebelumnya banyak yang menduga scene ini menunjukkan bahwa Rick telah 'berubah', dan akhirnya terjawab sudah semua dugaan tersebut.)


Setelah Rick menghilang, Michonne lah yang memimpin Alexandria. Anggota kelompok Rick memilih jalannya masing-masing. Daryl memilih hidup sendiri di dalam hutan berharap menemukan Rick, Carol menetap bersama Ezekiel, dan Hilltop dipimpin oleh Jeyus dengan Tara sebagai asistennya.


Disaat Aaron dan yang lainnya termasuk Judith berburu, Judith menemukan sebuah kelompok kecil dikepung kawanan walkers, ia pun tanpa ragu membantu bahkan membawanya ke Alexandria. Tetapi tentu saja Michonne tidak menyetujuinya. Awalnya ia ingin kelompok tersebut dikembalikan ke luar, tetapi karena suatu hal ia mengubah keputusannya, Michonne mengirimkan mereka ke Hilltop.


Carol akhirnya berhasil membujuk Daryl untuk ikut bersamanya mengunjungi Hilltop untuk mengantarkan Hanry yang ingin belajar menjadi pandai besi, begitu pula dengan Siddiq yang berhasil meyakinkan Michonne untuk mengunjungi Hilltop setelah mengetahui bahwa Maggie telah lama pergi dari Hilltop. Dan setelah sekian lama mereka pun berkumpul di Hilltop.


Saat Eugene dan Rosita pergi keluar untuk membantu urusan Gabriel, mereka dikepung kawanan Walkers. Eugene dan Rosita memutuskan untuk bersembunyi dan mereka mendengar kawanan walkers tersebut saling berbisik satu sama lain.

Rosita berhasil menyembunyikan Eugene dan bertemu dengan Jesus dan Aaron, mereka kemudian membawa Rosita ke Hilltop.


Keesokan harinya, Jesus, Aaron dan Daryl pergi mencari Eugene. Dan akhirnya mereka menemukannya, Eugene kemudian mengungkapkan bahwa walkers tersebut mengincarnya. Eugene mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan, ia mengatakan bahwa para walkers telah berevolusi, mereka saling berbisik satu sama lain. Singkat cerita mereka kemudian dikepung oleh walkers dan Michonne yang telah mengetahui cerita tersebut dari Rosita datang membantu, tetapi nyawa Jesus tak tertolong. Dengan hilangnya nyawa Jesus terungkap pula teka-teki walkers yang berbisik tersebut.

Setelahnya Alden dan Luke kemudian pergi keluar untuk mencari tahu keberadaan Michonne dan yang lainnya, Tetapi diperjalanan mereka bertemu dengan kelompok walkers yang membunuh Jesus.


Pintu sel penjara Negan tidak terkunci dan itu membuatnya memiliki sebuah kesempatan. Di tempat lain, Hanry yang terbujuk untuk menyelinap keluar tanpa izin pun mendapatkan masalahnya sendiri dan berakhir di dalam penjara Hilltop.


Negan yang berusaha melarikan diri tertangkap oleh Judith, dengan sedikit negosiasi akhirnya Judith melepaskannya dengan satu syarat. Negan yang berhasil tiba di Sanctuary akhirnya menyadari bahwa The Saviors telah musnah.


Daryl dan tim pencari berhasil tiba di Hilltop dengan membawa serta kabar duka. Penduduk Hilltop kemudian menyerahkan kepemimpinan kepada Tara.

Selain membawa pulang Jesus, mereka juga membawa serta seorang tahanan untuk diinterogasi. Ia di tempatkan dalam tahanan berdampingan dengan Hanry.


Setelah Aiden dan Luke tidak diketahui keberadaannya, Daryl memanfaatkan Henry untuk mengorek informasi dari Lydia. Lydia adalah satu dari kawanan yang membunuh Jesus. Henry dengan tulus mengajak Lydia berbicara, tanpa sepengetahuan mereka berdua, Daryl mendengarkan percakapan tersebut, namun Daryl murka saat Henry menceritakan Kingdom. Ia lalu mengeluarkan Henry dari penjara.

Teman-teman Luke merencanakan untuk mencarinya, saat malam tiba mereka menyelinap keluar. Namun hal tersebut tidak berjalan lancar, dua diantaranya kemudian kembali ke hiltop.

Pada malam yang sama, Henry kemudian mengajak Lydia berkeliling, ia mengeluarkan Lydia dari penjara, namun saat Lydia hendak mengambil sebuah palu, ia mendengar tangisan seorang bayi, Lydia lantas meminta Henry untuk memasukkannya kembali ke dalam penjara, dan dihadapan Henry dan Daryl, Lydia kemudian mengatakan seluruh informasi tentang kelompoknya.


Keesokan harinya, mereka melihat sesuatu yang janggal, sekelompok walkers berjalan tegap menuju Hilltop.

Pemimpin kelompok tersebut menamakan diri sebagai Alpha, ia sekaligus sebagai ibu Lidya. Ia menginginkan pertukaran antara Lidya dengan Alden dan Luke sebagai gantinya. Saat Daryl akan menjemput Lidya, Henry sudah menyembunyikannya, tetapi dengan sedikit bujukan dari Enid, Henry kemudian merelakan Lidya pergi.


Setelah kepergian Lidya, salah seorang anggota Hilltop menemukan secarik kertas yang ditinggalkan Henry. Daryl dan Connie kemudian pergi mencarinya.


Kelompok Lidya menemukan Henry, bahkan mereka telah menyadari sejak Henry mulai mengintai mereka.

Alpha sebagai pemimpin kelompoknya tidak segan-segan membunuh anggotanya yang memberontak, dan Henry menyaksikan hal tersebut. Kelompok Alpha bukanlah kelompok kecil, anggota yang dimiliki Alpha cukup banyak.

Sementara di Alexandria, terjadi perbedaan pendapat perihal pekan raja, sebagian dari mereka menginginkannya, namun Michonne tetap tidak menyetujuinya. Walaupun pada akhirnya Michonne mengizinkan untuk dilakukan pemungutan suara ulang.

Saat Alpha memerintahkan Lidya menghabisi Henry, kekacauan terjadi diperkemahan kelompok Alpha, beberapa walkers menerobos dan memakan beberapa anggota Alpha. Daryl serta Connie Menyamar menggunakan kulit walkers untuk membawa Henry pergi, namun Henry bersikeras membawa Lidya.


Connie kemudian membawa mereka ke sebuah gedung yang sangat ia kenal untuk menjebak kawanan Alpha yang mencari Lidya.


Di Kingdom, pasukan Jerry dijarah oleh sebuah kelompok yang menamakan diri mereka Highwayman, mereka ingin seluruh kelompok yang melewati wilayah kekuasaannya untuk membayar upeti, jika tidak, mereka tidak dapat pergi menuju Kingdom. Carol kemudian memutuskan untuk bernegosiasi, dan hal tersebut berhasil.

Perangkap yang disusun oleh Connie dan Daryl membuahkan hasil, namun sebagai ganjarannya, Henry terluka. Saat Daryl melawan Beta (tangan kanan Alpha) Daryl mendorongnya namun sayangnya Daryl tidak memastikan bahwa Beta telah tewas. Daryl memutuskan singgah di Alexandria untuk mengobati Henry.


Suatu hari anggota kelompok Alexandria menemukan beberapa orang yang sepertinya membutuhkan pertolongan. Tanpa disangka, salah satunya merupakan kenalan Michonne di masa lalu, Jocelyn. Michonne lantas menginzinkan mereka tinggal. Moyoritas kelompok mereka adalah anak-anak, bahkan beberapa diantaranya cukup ahli berburu.


Namun suatu hari, anak-anak kelompok Alexandria termasuk Judith di dalamnya hilang bersama kelompok Jocelyn. Michonne yang hilang akal pergi mencarinya bersama Daryl.

Walaupun mereka pada akhirnya berhasil, baik Daryl maupun Michonne mendapatkan luka yang tak akan pernah hilang dipinggangnya. Itulah sebabnya Michonne sangat tidak ingin orang luar masuk dan membahayakan penduduk Alexandria.


Walau begitu, saat Daryl membawa Lidya, Michonne tetap mengizinkannya masuk. Beberapa tidak setuju dengan keputusan Michonne, namun Michonne sangat percaya pada Daryl.

Berkat kedatangan Daryl, kesalah pahaman antara Michonne dan Judith akhirnya terselesaikan. Judith membuat Michonne sadar bahwa bukan hanya ia dan RJ saja yang harus dilindungi, namun semua anggota kelompoknya yang kini telah tersebar pun membutuhkan pertolongan. Akhirnya Michonne pergi menuju Kingdom, ditengah perjalanan, Daryl dan yang lainnya bergabung.


Kelompok Alpha menyergap satu rombongan yang berasal dari Hilltop, ia kemudian menggunakan pakaian salah satunya dan menyelinap di pekan raya dengan bebas.

Para pemimpin kemudian mengadakan pertemuan untuk membahas kelompok Alpha. Mereka sepakat untuk mengirim pasukan ke Hilltop dan Michonne memutuskan untuk memberi suaka pada Lidya.

Diperjalanan, Daryl dan yang lainnya bertemu dengan kelompok Highwayman, mereka menunjukkan bahwa ada kelompok Hilltop yang terbunuh, dan dapat dipastikan bahwa itu adalah perbuatan Alpha.

Empat orang diantara mereka, termasuk Daryl di dalamnya memutuskan untuk memisahkan diri, mencari jejak pelaku. Namun naas, mereka terkepung. Alpha menunjukkan pada Daryl kekuatannya serta menjabarkan daerah-daerah kekuasaannya dan membiarkan mereka berempat melanjutkan perjalanan. Ditengah perjalanan mereka bertemu Siddiq yang terluka dan terikat, dan siddiq menunjukkan sesuatu yang mengejutkan.


Alpha (entah bagaimana caranya) menculik orang-orang dipekan raya yang kebanyakan berasal dari Hilltop termasuk Tara dan Enid serta kelompok Highwayman dan yang lebih mengejutkan adalah Henry. Alpha hanya menyisakan Siddiq dan memerintahkannya untuk mengatakan apa yang terjadi.


Kingdom hancur, pipa-pipa bocor dan itu memicu kerusak-kerusakan lainnya. Penduduk Kingdom memutuskan untuk pindah ke Hilltop, dan Carol memutuskan untuk berpisah dari Ezekiel. Carol dan Daryl kemudian memilih pergi bersama Michonne.

Saat badai tiba, penduduk Alexandria hampir saja tewas karena sebuah ledakan, saat mereka memutuskan untuk pindah ke rumah Aaron, Judith berlari untuk menyelamatkan anjing milik Daryl yang sebelumnya dititipkan di Alexandria. Negan kemudian pergi menyelamatkan Judith dan itu membuat Michonne melunak.


Diseason 9 ini, Rick dan juga Maggie tidak diketahui keberadaannya. Akankah mereka melawan kelompok Alpha?
Bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Kita tunggu season 10 mendatang :)

10 comments:

  1. Salam kenal min, saya boleh minta videonya.. saya nyari linknya susah banget. kalo boleh kirim ke email saya ini sutrisna880@gmail.com pliss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf, saya nonton ini udah lama, dan saya kalo nonton g pernah download film nya..biasanya saya nonton sambil pegang catatan. Btw makasih banyak sudah mampir :D

      Delete
  2. Saran ya, sebuah review sebaiknya jangan copas dari source luar negri...buat review sendiri aja apa adanya dan sebisanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, source mn yg anda maksud. Saya mereview tidak pernah copas, saya tonton, saya buat review perepisode. Bagian mn yang saya copy. Bahkan saya punya catatan tangan review review saya

      Delete
  3. Pertama" makasih gan udh bikin review, saya baru maraton nonton udh dua bulanan. Dan selalu baca sinopsis dari agan dari season 1-9. Tapi kok sinopsis season 10nya ga ada ya

    ReplyDelete
  4. nice review thank you udah share ya kak

    registrasi axis

    ReplyDelete
  5. Gan season 10 nya dongg, pegel juga ngejar seasonnya soalnya 😅

    ReplyDelete